Strategi kreatif iklan sms banking BRI versi transfer dana di media cetak
Main Author: | Fitter, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2008
|
Online Access: |
http://repository.mercubuana.ac.id/28107/1/Full%20Text.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/28107/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Fitter 04303 - 009 Strategi Kreatif Iklan SMS Banking BRI versi “Transfer Dana” di media cetak Ix + 75 halaman ; 20 lampiran Bibliografi : 17 Acuan (1986-2007) Untuk menciptakan sebuah iklan yang baik, biro iklan harus mampu menentukan strategi kreatif apa yang dianggap tepat dan paling menguntungkan untuk produk layanan perbankan yang dipromosikan Bank BRI adalah SMS Banking BRI versi “Tansfer Dana” yaitu layanan transaksi antar rekening dengan cara yang mudah dan leluasa. Yang akan diiklankan tersebut, agar iklan yang dibuat nantinya dapat efektif dan mampu memenuhi tujuan iklan. Dalam proses pembuatan iklan tersebut BRI bekerjasama dengan Quadran Sinergi Komunikasi Adhipariwara selaku biro iklannya. Dalam iklan tersebut QSinergi menerapkan suatu strategi kreatif untuk menyampaikan pesan iklan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perumusan strategi kreatif yang dilakukan dalam proses pembuatan iklan SMS Banking BRI versi “Transfer Dana” pada media cetak. Salah satu konsep pemikiran yang mejadi acuan dalam penelitian ini diambil dari teori strategi kreatif periklanan Charles F. Frazer yang merumuskan tujuh alternatif strategi kreatif yang sesuai untuk kondisi pasar tertentu. Dasar perumusan strategi kreatifnya sendiri menggunakan teori Sandra Moriarty yang berdasarkan pada target audience, objective dan positioning yang digabungkan dengan teori analisis SWOT. Penelitian yang dibuat penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam beberapa nara sumber yang terlibat langsung proses pembuatan iklan ini, dalam hal ini adalah Creative Director, Client Service Director sekaligus Copy Writernya dari QSinergi selaku biro iklan dan Sales Marketing dari Bank BRI. Hasil penelitian menunjukan bahwa QSinergi mengangkat strategi Generik (umum) dengan pendekatan rasional-emosional (combination appeals), ilustrasi dan copy iklan tersebut dipersuasikan sedemikian rupa untuk mempengaruhi emosional khalayak dengan menyatakan keunggulan produk yang unik, yang memberikan suatu manfaat (benefit), kemudahan dan keleluasaan bagi konsumen yang menggunakan SMS Banking BRI.