Strategi pemrograman Astro Oasis dlm menampilkan tayangan yg Islami (Periode 7 September 2007 - 7 September 2008)

Main Author: Wardani, Dini Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/26326/1/Full%20Text.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/26326/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Perkembangan industri pertelevisian di Indonesia yang semakin marak yang diikuti oleh lahirnya televisi lokal maupun televisi berbayar di Tanah Air menjadikan persaingan yang semakin ketat sehingga para pemain di industri ini melaksanakan strategi programming yang kreatif dengan menampilkan berbagai macam tayangan yang menarik, yang seringkali menghiraukan isi dari suatu program. Hal ini merisaukan masyarakat muslim yang memiliki segmentasi SES AB+ dalam menemukan program keluarga yang memiliki nilai – nilai positif dan islami untuk keluarga mereka, dan peluang ini ditangkap oleh PT. Adi Karya Visi selaku content provider dari televisi berbayar ASTRO. Pada tanggal 7 September 2007, ASTRO meluncurkan kanal baru bernama Astro Oasis yang merupakan saluran keluarga yang bergaya hidup islami, sehingga penulis ingin mengetahui strategi programming Astro Oasis yang diterapkan untuk memberikan tayangan yang islami dan berkualitas pada periode 7 September 2007 – 7 September 2008. Konsep yang dipakai dalam penelitian ini adalah seperti yang dikemukakan oleh Little John bahwa proses organisasi media dalam memproduksi dan menyampaikan pesan kepada khalayak luas adalah pesan yang dicari, digunakan, dipahami dan dipengaruhi oleh khalayak. Serta McQuil yang menyebutkan bahwa komunikasi massa merupakan norma yang semakin berperan dalam menampilkan peristiwa kehidupan masyarakat, baik bertaraf nasional maupun internasional sekaligus sebagai wahana pengembangan kebudayaan, bukan saja dalam pengertian pengembangan bentuk seni dan symbol, tetapi juga dalam pengertian tata cara, mode, gaya hidup dan norma – norma. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh dari wawancara secara mendalam dengan berbagai narasumber, seperti Programming Director PT. AKV, Channel Head Astro Oasis, Programming Executive dan Research