Strategi produksi acara gebyar BCA di Indosiar dlm mempertahankan rating dan share (Periode 04 Maret - 04 April 2009)

Main Author: Christin, Silvia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/25155/1/Full%20Text.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/25155/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Variety show adalah format acara yang mengkombinasikan berbagai format lainnya seperti talkshow, magazine show, kuis, game show, musik, drama. Variasi acara tersebut dipadukan dalam sebuah pertunjukan dalam bentuk siaran langsung maupun siaran rekaman. Gebyar BCA merupakan acara siaran TV berformatkan varietyshow dengan adanya unsur musik, komedi, hadiah dan informasi mengenai dunia perbankan karena merupakan program promotaiment dari suatu bank yaitu bank BCA yang tayang setiap Sabtu, pukul 21.00-22.00. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produksi acara Gebyar BCA di Indosiar dalam mempertahankan rating dan share periode 04 maret-04 April 2009. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang memberikan uraian dan penjelasan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah indepth interview atau wawancara secara mendalam dengan narasumber yang berkompeten, yaitu tim Gebyar BCA. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam strategi produksi acara Gebyar BCA ini terdapat empat fungsi manajemen yang merupakan bagian dari strategi produksi, yang meliputi unsur Planning (Perencanaan) yaitu dengan mensurvey penyanyi yang sedang In dimasyarakat, mencari lagu yang sedang menjadi hits, menentukan tema dan gimmick dengan mengikuti moment yang sedang terjadi,membuat setting panggung, property, lighting dan tampilan look dikamera agar terlihat meriah. Tahap kedua Organizing (pengorganisasian) yaitu menentukan job desc masing-masing anggotanya namun tetap saling bersinergi, tahap ketiga Actuating (Pengarahan) yaitu dengan memberikan pengarahan kepada tim produksi mulai dari rapat produksi hingga live, yang sifatnya koordinasi saja dan tahap yang terakhir yaitu Controling (Pengawasan) dengan mengevaluasi tampilan dan menganalisa rating dan share yang didapat.