BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM)

Main Author: Sahlan, Ahmad
Other Authors: STAI Badrus Sholeh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal al Hikmah , 2016
Subjects:
Online Access: http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/7
http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/7/6
Daftar Isi:
  • Bisnis merupakan suatu kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Setiap bisnis yang dilakukan memberikan resiko yaitu kerugian dan keuntungan. Kerugian yang dialami dapat terjadi pada aspek material atau non material. Namun, sebaliknya jika bisnis yang dilakukan berhasil maka akan mendapatkan keuntungan bagi pemiliknya. Pada dasarnya bisnis dan manajemen tidak dapat dipisahkan keduanya saling berhubungan. Jika bisnis tanpa manajemen, maka bisnis yang dijalankan tidak akan berjalan efektif dan efisien. Manajemen bisnis memiliki ruang lingkup beberapa hal yaitu manajemen produksi (pengaturan ketersediaan bahan baku), manajemen pemasaran (pengaturan sebuah proses marketing) manajemen distribusi (pengaturan proses penyaluran) dan manajemen finansial atau manajemen keuangan (pengaturan sirkulasi keuangan perusahaan) MLM dipandang sebagai sistem bisnis yang merugikan anggotanya, meskipun tidak semua MLM dapat merugikan tetapi justru menguntungkan para anggotanya. MLM yang berbasis syariah yang dapat menguntungkan anggotanya. Namun pada prakteknya, bisnis ini sering menimbulkan permasalahan bagi anggotanya dikarenakan tidak faham mengenai MLM sehingga berujung kerugian.