MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI MELALUI BELAJAR BERBASIS KEHIDUPAN TERINTEGRASI STEM UNTUK MENYIAPKAN CALON GURU SAINS DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: REVIEU LITERATUR

Main Authors: Subekti, Hasan, Taufiq, Mohammad, Susilo, Herawati, ., Ibrohim, Suwono, Hadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Education and Human Development Journal , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/585
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/585/506
Daftar Isi:
  • Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0, di mana pola kehidupanmanusia basis berbasis informasi. Dengan demikian, menyiapkan lulusan yang berkualitas danmampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang pentinguntuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu negara. Makalah ini mengupas tentangstrategi mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi STEMuntuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Secara rincimengungkap Kajian itu meliputi (a) literasi informasi, (b) (b) keterampilan riset, (c) belajar berbasiskehidupan, (d) pembelajaran terintegrasi STEM, dan, (e) kapabilitas calon guru sains, dan (f) eraRevolusi Industri 4.0. Kajian lebih mendalam tersaji dalam artikel ini.