MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI MELALUI BELAJAR BERBASIS KEHIDUPAN TERINTEGRASI STEM UNTUK MENYIAPKAN CALON GURU SAINS DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: REVIEU LITERATUR
Main Authors: | Subekti, Hasan, Taufiq, Mohammad, Susilo, Herawati, ., Ibrohim, Suwono, Hadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Education and Human Development Journal
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/585 http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/585/506 |
Daftar Isi:
- Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0, di mana pola kehidupanmanusia basis berbasis informasi. Dengan demikian, menyiapkan lulusan yang berkualitas danmampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang pentinguntuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu negara. Makalah ini mengupas tentangstrategi mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi STEMuntuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Secara rincimengungkap Kajian itu meliputi (a) literasi informasi, (b) (b) keterampilan riset, (c) belajar berbasiskehidupan, (d) pembelajaran terintegrasi STEM, dan, (e) kapabilitas calon guru sains, dan (f) eraRevolusi Industri 4.0. Kajian lebih mendalam tersaji dalam artikel ini.