PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RPPH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI PAUD AS-SAJIDAH DRIYOREJO GRESIK
Main Authors: | ., Nafiah, Hartatik, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Education and Human Development Journal
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/579 http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/579/500 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah meningkatkan kompetensi guru membuat RPPH di Paud AsSajidah Driyorejo Gresik melalui supervisi klinis. Penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah(PTS). Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi disertai dengan evaluasidan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah checklist dan wawancara. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah disimpulkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkankompetensi guru membuat RPPH. Hal itu dilihat dari peningkatan guru dari siklus ke siklus. Padapra-siklus kemampuan guru membuat RPPH dari tujuh komponen yang harus ada dalam RPPHmenunjukkan nilai rata-rata pe komponen dari guru pada pra siklus adalah 27,6%. Setelah diadakansupervisi klinis, meningkat menjadi 67,6% pada siklus pertama, dan pada siklus kedua juga mengalamipeningkatan pula menjadi 89,49%. Peningkatan tersebut melebihi kriteria keberhasilan penelitiantindakan yang ditargetkan yaitu 81%.