PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Sari, Ima Yusnia Anita, ., Atrup, Setyaputri, Nora Yuniar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Education and Human Development Journal , 2017
Online Access: http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/451
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/451/432
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/downloadSuppFile/451/223
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan ketika melakukan Praktik PengalamanLapangan (PPL 2), tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam bergaul dan berkomunikasidengan temannya meskipun dalam satu kelas, kurang adanya keterbukaan dalam menyampaikanpendapat, dan kurang adanya penghargaan terhadap pendapat teman lain. Hal ini menunjukkankurangnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa di SMAN 3 Kota Kediri. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadapkemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan teknik penelitian pre-eksperimentaldesigns dengan bentuk one-group pretest-posttest, dan sampel yang digunakan dalam penelitian iniadalah 32 siswa dari populasi 200 siswa pada kelas X di SMAN 3 Kota Kediri. Instrumen penelitianini menggunakan skala psikologi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis datastatistik. Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi di SMAN 3 KotaKediri yang dilakukan peneliti kurang maksimal karena situasi dan kondisi yang tidak kondusif.Kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebagian besar sudah baik, namun masih ada beberapayang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai p-value (0,000)<α0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima, yaitu layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruhterhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kota Kediri. Berdasarkansimpulan dari penelitian ini, jika penelitian dapat terarah dengan baik dan dalam situasi yangkondusif, maka akan memberikan hasil yang optimal. Sehingga menurut hasil penelitian ini,bimbingan kelompok teknik diskusi memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN 3 Kota Kediri. Dengan demikian, saran yang dapat diberikanyaitu hendaknya kegiatan diskusi dilakukan dengan sebaik dan sekreatif mungkin agar maksud dantujuan diskusi dapat tercapai