MODEL INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING BERBASIS BIMBINGAN KONSELING KOMPREHENSIF

Main Authors: Fitriyadi, Slamat, Istirahayu, Iip
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Education and Human Development Journal , 2017
Online Access: http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/448
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/448/429
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/downloadSuppFile/448/220
Daftar Isi:
  • Guru bimbingan dan konseling merupakan bagian dari sistem pendidikan yang ada disekolah menengah pertama maupun atas. Program BK yang dilaksanakan sekolah harus lebih komprehensif dengan tujuan dapat menjangkau seluruh peserta didik dan lingkungan peserta didik. Atasdasar itu maka kinerja guru BK harus dinilai, untuk menilai kinerja guru BK diperlukan instrumenpenilaian kinerja guru BK berdasarkan program BK Komprehensif yang telah dibuat. Tujuan penelitianini adalah: (1) menggambarkan instrumen penilaian kinerja guru BK faktual, (2) menghasilkanmodel instrumen penilaian kinerja guru BK yang Komprehensif, (3) menilai kelayakan model instrumen penilaian kinerja guru BK berbasis BK Komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatanResearch and Development (R&D) dengan tahap: (1) studi pendahuluan, dilakukan terhadap guruBK, Koordinator BK, kepala sekolah, Pengawas SMAN Kota Magelang, (2) pengembangan modelIPKGBK berbasis BK Komprehensif melibatkan para pakar dan praktisi yang terdiri dari 2 validatorahli bidang manajemen BK dan validator praktisi yang terdiri dari koordinator BK dan Guru BK diSMA Negeri 1 dan 2 Kota Magelang, (3) kelayakan model instrumen penilaian kinerja guru BKberbasis BK Komprehensif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, diskusi, dan pengamatan dokumen faktual. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Hasil studi pendahuluanmenunjukkan adanya ketidaksesuaian antara IPKGBK Faktual dengan program bimbingan konselingkomprehensif yang dibuat dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan 2 Kota Magelang. Hal ini terlihatdari komponen isi item pernyataan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut yangbelum menggambarkan secara jelas penilaian kinerja guru BK yang telah melaksanakan program BKKomprehensif. Hasil pengembangan menunjukkan IPKGBK pengembangan layak dan sesuai denganpelaksanaan program BK komprehensif yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan 2 KotaMagelang. Kepala Sekolah atau Koordinator BK perlu menggunakan instrumen penilaian kinerjaguru BK berbasis BK Komprehensif untuk menilai kinerja guru BK yang sudah menerapkan program BK Komprehensif, dan Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikandalam buku kerja pengawas sekolah, serta menyeragamkan bentuk IPKGBK Komprehensif untuksekolah-sekolah yang telah melaksanakan program BK Komprehensif