ANALISIS KORELASI ANTARA MATERI GEOMETRIBANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DENGAN MATERI OSN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: Teguh Herlambang, Sri Hartatik,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Education and Human Development Journal , 2017
Online Access: http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/259
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/259/227
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/downloadSuppFile/259/84
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang korelasi antara materiGeometri Bangun Datar di sekolah dengan materi OSN bidang Matematika di TingkatSekolah Menengah Pertama.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitianini yaitu data primer data sekunder. Data primer yang dimaksud adalah hasil tes pemecahanmasalah OSN matematika siswa SMPN 32 Surabaya dan Data sekunder yang dimaksuddalam ppenelitian ini adalah Bank Soal OSN Bidang Matematika tingkat kabupaten/kotatahun 2015. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesesuaian materi geometri padasoal-soal olimpiade dengan SK dan KD matematika pada kurikulum 2013.Berdasarkan analisis data, untuk bank soal OSN matematika, terdapat 6 soal dari 25soal yang ada merupakan soal geometri bangun datar. Dari hasil analisa ke enam soal OSNMatematika materi Geometri bangun datar didapatkan bahwa dari 6 soal yang ada , 5 soaltidak sesuai dengan KD yang ada sedangkan 1 soal sesuai dengan KD pada kurikulum 2013.Berdasarkan jenis soal 5 soal termasuk ke dalam soal non rutin sedangkan 1 soal termasuk kedalam soal rutin. Berdasarkan keterkaitan soal, hampir keseluruhan soal terkait denganbeberapa konsep sehingga siswa diharapkan mampu mengkaitkan antara konsep yang adasehingga akan diperoleh solusi yang diharapkan.Kata kunci : Geometri bangun datar, OSN bidang MatematikaAbstract. His study aimed to describe the correlation between matter Geometry Build Flat inschool with OSN material Mathematics at Junior Secondary Level. This research is aqualitative research. The data used in this research is primary data secondary data. Primarydata is the result of OSN problem solving tests mathematics students of SMPN 32 Surabayaand secondary data referred to in this ppenelitian is OSN Mathematics Test Bank district / citylevel in 2015. The aim of this study to analyze the suitability of the material geometry onmatters Olympics SK and KD mathematics curriculum in 2013.Based on data analysis, for OSN math question bank, there are 6 questions of 25questions that there is a matter of waking up flat geometry. From the analysis to the sixquestions OSN Mathematics Geometry Flat material was found that from about the existing6, 5 question does not comply with the existing KD while the first question in accordancewith KD in 2013. Based on the type of curriculum about five questions included in nonroutinematter while 1 question belong to a routine matter. Based on the linkage problem,almost the entire matter related to some of the concepts that students are expected to link theconcept that there is thus obtained the expected solution.Keywords : two-dimentional figuregeometry, OSN Math