PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN LITERASI SAINS BERORIENTASI PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA)
Main Author: | Sri Cacik, Ifa Seftia Rakhma Widiyanti, Anggun Winata, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Education and Human Development Journal
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/253 http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/253/221 http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/downloadSuppFile/253/78 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk perangkat penilaian literasi sainsberorientasi Programme for International Student Assessment (PISA) dengan tujuan khususmenguji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat penilaian literasi sains yangdikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain Research & Developmentyang disederhanakan ke dalam dua tahapan, yaitu tahap pendahuluan dan tahappengembangan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat dalam bentuk soalpilihan ganda. Perangkat penilaian yang dikembangkan memiliki validitas sangat tinggidengan skor 3,35. Perangkat penilaian yang dikembangkan efektif digunakan oleh mahasiswaPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan dosen mata kuliah konsep IPA Sekolah Dasarkarena dapat digunakan untuk mendeskripsikan profil literasi sains peserta uji coba.Perangkat penilaian yang dikembangkan praktis digunakan oleh mahasiswa dan dosen matakuliah konsep IPA Sekolah Dasar berdasarkan respon positif mahasiswa uji coba dan dosenmata kuliah konsep IPA Sekolah Dasar.Kata Kunci: Literasi sains, PISAAbstract. The general objective of this study was to find a kind of evaluation instrument forscientific literacy oriented toward Programme for International Student Assessment (PISA)and the specific purposes of this study were to investigate the validity, effectiveness, andpracticality of it. This was a Research & Development study which was simplified into twostages; they are the preliminary stage and the development stage. This study resulted ofmultiple choice test which the validity was 3,35. The instrument was very effective to be usedby students and science concept lectures in Elementary School Education Programmed todescribe the profile of scientific literacy. The instrument could practically be used by thestudents and science concept lecturers in Elementary School Education Programmed basedon the positive students and lecturers‟ responses.Keywords: Scientific literacy, PISA