Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa S1 PGSD Unirow Tentang Model-model Pembelajaran Terpadu Pada Matakuliah Pembelajaran Tematis

Main Author: Wiratsiwi, Wendri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Education and Human Development Journal , 2017
Online Access: http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/251
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/251/219
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/downloadSuppFile/251/76
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman belajar mahasiswa PGSDUnirow semester IV tahun akademik 2015/2016 tentang model-model pembelajaran terpadupada mata kuliah Pembelajaran Tematis dengan pemanfaatan model pembelajaran kooperatiftipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materimodel-model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan pemahaman belajar mahasiswaPGSD Unirow semester IV tahun akademik 2015/2016 pada matakuliah PembelajaranTematis. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator: 1) aktivitas mahasiswa selamapemanfaatan model Jigsaw mencapai keberhasilan dengan persentase keberhasilan 66,11%pada siklus I dan 90,93% pada siklus II ; 2) aktivitas dosen selama pemanfaatan modelJigsaw mencapai keberhasilan dengan persentase keberhasilan 68,45% pada siklus I dan95,24% pada siklus II; 3) ketuntasan klasikal mencapai keberhasilan dengan persentase 75%pada siklus I menjadi 86,11% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman belajarmahasiswa PGSD Unirow semester IV tahun akademik 2015/2016 tentang model-modelpembelajaran terpadu pada mata kuliah pembelajaran tematis.Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pemahaman belajar, model-modelpembelajaran terpadu