Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Pada Konsep IPA

Main Author: Sri Cacik, Anggun Winata, Ifa Seftia R.,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Education and Human Development Journal , 2017
Online Access: http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/159
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/159/136
http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/downloadSuppFile/159/16
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui kemampuan awal literasisains mahasiswa PGSD UNIROW pada konsep IPA yang terdiri dari tujuh indikator yaitu 1)mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid 2) melakukan penelusuran literatur yang efektif3) memahami elemen-elemen desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap temuan/kesimpulan 4) membuat grafik secara tepat dari data; 5) memecahkan masalah menggunakanketerampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar; 6) memahami dan menginterpretasikanstatistik dasar; 7) melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan datakuantitatif. Studi ini merupakan bagian dari studi pengembangan perangkat pembelajaranuntuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Tes kemampuan literasi sains yang disusunberjumlah dua puluh lima butir soal. Kemampuan awal literasi sains yang dianalisismerupakan kemampuan literasi sains mahasiswa sebelum diterapkan suatu model yangdiduga dapat mengembangkan kemampuan literasi sains mahasiswa. Hasil analisismenunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa yang lebih tinggi adalah indikatormelakukan penelusuran literatur yang efektif dengan presentase sebesar 40,15%. Sedangkanhasil analisis kemampuan literasi sains mahasiswa yang lebih rendah adalah indikatormemecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar denganpresentase sebesar 6,82%. Hasil yang diperoleh sesuai dengan hasil surve PISA tahun 2003,2006, 2009 dan 2012 serta hasil surve TIMSS tahun 2007dan 2011 Indonesia menunjukkankemampuan dari siswa di Indonesia termasuk dalam kategori rendah.Kata Kunci:Kemampuan awal, literasi sains, konsep IPA