Evaluasi Aplikasi Ruang Guru Menggunakan Model UTAUT2 dan Model Kesuksesan DeLone and McLean

Main Authors: Haris, Celine Aloyshima, WA, Bambang Soedijono, Nasiri, Asro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Mulawarman , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/3043
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/3043/pdf
ctrlnum article-3043
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Evaluasi Aplikasi Ruang Guru Menggunakan Model UTAUT2 dan Model Kesuksesan DeLone and McLean</title><creator>Haris, Celine Aloyshima</creator><creator>WA, Bambang Soedijono</creator><creator>Nasiri, Asro</creator><subject lang="en-US">Information Systems</subject><subject lang="en-US">Information Technology; Information Systems; Application Mobile;</subject><subject lang="en-US">Information Systems</subject><description lang="en-US">Penggunaan smartphone semakin dianggap sangat penting dalam menunjang kebutuhan hidup. Bahkan anak-anak dan remaja maupun guru-guru di sekolah saat ini menggunakan smartphone untuk berkomunikasi hingga mengerjakan tugas. Hal ini merupakan peningkatkan dari pemanfaatan internet dan smartphone sebagai sarana pendidikan. Lembaga bimbingan online salah satunya Ruang Guru sudah menuju kearah pendidikan digital, dengan pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat smartphone yang dapat memudahkan siswa-siswi sekolah dalam mengakses materi pembelajaran.&#xA0; Dalam penelitian ini mengevaluasi aplikasi ruang guru menggunakan model Unified Theori of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan model kesuksesan DeLone and McLean. Data yang digunakan sebanyak 100 responden siswa dan siswi SMP dan SMA di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian, dari variabel-variabel yang digunakan terdapat pengaruh variabel dengan tingkat hubungan yang sedang dan lemah terhadap niat penggunaan aplikasi ruang guru.</description><publisher lang="en-US">Universitas Mulawarman</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-07-13</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/3043</identifier><identifier>10.30872/jurti.v4i1.3043</identifier><source lang="en-US">Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI); Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI); 1-10</source><source>2580-667X</source><source>2579-8790</source><source>10.30872/jurti.v4i1</source><language>eng</language><relation>http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/3043/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-3043</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Haris, Celine Aloyshima
WA, Bambang Soedijono
Nasiri, Asro
title Evaluasi Aplikasi Ruang Guru Menggunakan Model UTAUT2 dan Model Kesuksesan DeLone and McLean
publisher Universitas Mulawarman
publishDate 2020
topic Information Systems
Information Technology
Application Mobile
url http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/3043
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/3043/pdf
contents Penggunaan smartphone semakin dianggap sangat penting dalam menunjang kebutuhan hidup. Bahkan anak-anak dan remaja maupun guru-guru di sekolah saat ini menggunakan smartphone untuk berkomunikasi hingga mengerjakan tugas. Hal ini merupakan peningkatkan dari pemanfaatan internet dan smartphone sebagai sarana pendidikan. Lembaga bimbingan online salah satunya Ruang Guru sudah menuju kearah pendidikan digital, dengan pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat smartphone yang dapat memudahkan siswa-siswi sekolah dalam mengakses materi pembelajaran. Dalam penelitian ini mengevaluasi aplikasi ruang guru menggunakan model Unified Theori of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan model kesuksesan DeLone and McLean. Data yang digunakan sebanyak 100 responden siswa dan siswi SMP dan SMA di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian, dari variabel-variabel yang digunakan terdapat pengaruh variabel dengan tingkat hubungan yang sedang dan lemah terhadap niat penggunaan aplikasi ruang guru.
id IOS5890.article-3043
institution Universitas Mulawarman
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 188
institution_type library:university
library
library Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman samarinda
library_id 1099
collection Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi
repository_id 5890
subject_area Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city Samarinda
province KALIMANTAN TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5890
first_indexed 2020-08-08T23:47:10Z
last_indexed 2020-12-18T08:09:19Z
recordtype dc
_version_ 1686402813928669184
score 17.538404