PERENCANAAN STRATEGIS PEMASARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE (KASUS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA)

Main Author: Kristiningsih, Kristiningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Research Institution and Community Service Wijaya Kusuma Surabaya University , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/304
http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/304/288
Daftar Isi:
  • Persaingan industri pendidikan tinggi seunakin ketat. Institusi pendidikan hams mengelola organisasinya seperti layaknya suatu bisnis dengan tidak meninggalkan aspek idiilnya dan hams mampu mentransfonnasi dirinya menjadi marketing company. Program studi manajemen fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma hams mampu melihat dirinya secara utuh melalui aspek internal dan aspek eksternal sehingga mampu menjawab tantangan persaingan dalam dunia pendidikan saat ini. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi lcbih dalam bagaimana seharusnya program studi manajemen melakukan perencanaan strategis pemasarannya untuk menciptakan keunggulan kompetiti£ Untuk itu dilakukan penelitian dengan pendekatan lcualitatif dengan menggunakan dasar analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, and threat) yang dikemukakan oleh David (2005). Dengan analisa SWOT dan IE-Matrix, dari penelitian ini, disaranlcan beberapa hat, yaitu: strategi market intensive dilakukan melalui penetrasi pasar dan pengembangan pasar; mengembangkan strategi diferensiasi yang menunjukkan ciri jumsan manajemen yang berbeda dengan kombinasi knowledge, skill, dan attitude yang unik dan dilengkapi dengan fasilitas yang menunjukkan suasana kehidupan kampus yang mampu menciptakan sustainable competitive advantage.