PENDAMPINGAN POKDARWIS DESA WISATA PERANCAK DALAM MENENTUKAN TARGET PASAR PARIWISATA

Main Authors: Adikampana, I.M., Sunarta, I.N., Pujani, L.P.K., Sanjiwani, P.K.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat , 2022
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/79134
https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/79134/42648
Daftar Isi:
  • Perancak Tourist Village is located in Jembrana, West Bali. This destination has a natural and spiritual uniqueness that has been developed as a marine-based tourism attraction. However, the existence of these tourist attractions has not obtained a significant response from tourists or the tourism market. This issue is caused by the limitations of Pokdarwis as the management or hereinafter referred to as the counterpart in determining the appropriate tourism target market. Based on the situation, an assistant program for Pokdarwis is urgently involved to identify the target market of the Perancak Tourist Village. Assistance is carried out by conducting a market analysis workshop. The existence of the assistant program has enabled the community to directly determine the tourism market or target tourists who are interested in visiting this rural tourism destination on the west side of the island of Bali.Keywords: assistant program, Pokdarwis, market target, Perancak tourist village
  • Desa Wisata Perancak terletak di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Desa wisata ini memiliki keunikan natural dan spiritual yang telah dikembangkan sebagai daya tarik wisata berbasis pesisir (marine based tourism). Namun keberadaan daya tarik wisata tersebut belum mendapatkan respon berarti dari wisatawan atau pasar pariwisata. Permasalahan ini disebabkan oleh keterbatasan Pokdarwis selaku pengelola atau selanjutnya disebut kelompok mitra dalam menentukan target pasar pariwisata yang tepat untuk produk Desa Wisata Perancak. Berdasarkan situasi tersebut, maka sangat dibutuhkan program pendampingan bagi kelompok mitra guna menemukenali target pasar Desa Wisata Perancak. Pendampingan dilakukan dengan mengadakan workshop tentang analisis pasar Desa Wisata Perancak. Program yang dimaksud ditujukan bagi kelompok masyarakat terpilih, yakni Pokdarwis Desa Wisata Perancak. Adanya program pendampingan ini telah memampukan masyarakat di Desa Wisata Perancak untuk menentukan dengan tepat pasar pariwisata atau wisatawan yang ditargetkan tertarik mengunjungi destinasi pariwisata perdesaan di sisi Barat Pulau Bali ini.Kata-kata kunci : pendampingan, Pokdarwis, target pasar, Desa Wisata Perancak