PENERAPAN E-MARKETING DALAM PENINGKATAN KUNJUNGAN DAN LOYALITAS WISATAWAN DI KAWASAN TULAMBEN

Main Authors: Suardana, I.W., Ariani, N.M., Dewi, N.G.A.S., Darsana, I.W.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat , 2018
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36791
http://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36791/22286
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memberikan gambaran sejauh mana ekonomi lokal dan jasa ekosistem laut berhubungan. Tulamben dan Pemuteran merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya ekosistem terumbu karang yang perlu dikonservasi, selain menjadi tempat rekreasi dengan orientasi pada ekonomi. Penelitian ini menemukan perkiraan jumlah wisatawan yang diving dan snorkeling di kaasan Tulamben dan Pemuteran mencapai 330.835 penyelam per tahun, dengan pengeluaran aktual tahunan sebesar US$456,6 juta per tahun. Dampak pariwisata terhadap perekonomian Bali secara ekonomis diperoleh sebesar 456,6 juta per tahun. Tingginya nilai ekonomis yang diperoleh pemerintah dan masyarakat secara makro, memberikan indikasi akan peningkatan secara signifikan kegiatan diving di kawasan tersebut. Kondisi ini menunjukkan bahwa ekonomi lokal dan jasa ekosistem berhubungan erat, pariwisata dan persepsi yang ditimbulkan saat ini dengan isu-isu lingkungan dan nilainya memberikan peluang pada peningkatan usaha makro pariwisata tetapi juga menimbulkan ancaman pada keberlanjutan ekosistem bawah laut.
  • The role of e-marketing in the tourism industry is enabling the distribution channel with the participation of online activities of small and medium enterprises in the tourism industry reached 96.5%. One medium that can be developed as a media campaign is a social media such as, blooging, twitter, facebook, instragram, flicksd, etc. This media are secondary media beside the website or portal of the industry made specifically for the promotion of tourism. The purpose of this community services is to provide training and knowledge of e-marketing to be done in increasing tourist visits to Tulamben. The method used is practice in the field so that the 30 participants can see and understand, and applied the knowledge provided. Social media has three power that social media is not commercial, social media can do the best for public relations and a strong brand has its advantages and strengthen new customers. It is found out from of the service that social media have provided strong recommendations on the new travelers, the purchase decision to come soon, and maintain the loyalty of tourists who revisited the area. Control of the content to build intention to visit and curiosity, becomes very important. Therefore, information and pictures are highly needed to build a good image of tourism in Tulamben.