STUDI PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU MENGENAI SITASI DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MEMINIMALKAN PLAGIARISM
Main Authors: | Sari, K., Nilakusmawati, D. P. E., Tastrawati, N. K. T., Astuti, L. G., Widana, I. N. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
, 2017
|
Online Access: |
http://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36082 http://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36082/21855 |
Daftar Isi:
- Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui: pengaruh pemberian pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan guru mengenai aturan tata cara mensitasi dan plagiarisme.meningkatkan pemahaman guru mengenai tata cara sitasi. Kegiatan dilakukan di SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar dan SMK Farmasi Bintang Persada Tabanan, dengan subjek kegiatan adalah guru-guru semua bidang studi pengampu mata pelajaran di kedua sekolah tersebut, dengan rincian 16 orang guru SMK Farmasi Denpasar dan 9 orang guru SMK Farmasi Tabanan. Metode yang digunakan adalah metode one group pretest-posttest Instrumen yag digunakan dalam kegiatan ini adalah soal pre-test dan post-test. Sebagai hasil dari kegiatan ini diperoleh terdapat peningkatan yang signifikan mengenai pengetahuan guru-guru tentang aturan tata cara mensitasi dan plagiarisme setelah diberikan pelatihan
- The purpose of this activities was to knowthe effect of giving training to increase teachers 'knowledge about plagiarisme and the rules of procedure of citation in writing a scientific paper. The activities carried out in SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar and Tabanan, with the subject of activity was the teachers who are teach in that school i.e. 16 person of SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar and 9 person of SMK Farmasi Bintang Persada Tabanan. This activity was workshop about plagiarism and citation in writing a scientific paper. The method used was one group pretest-posttest. Instruments used in these activities was pre-test and post-test. Based on the analysis of the pretest and posttest scores, the result of this activity was there were a significant improvement on the knowledge of the teachers on plagiarism and the rules of procedure of citation in writing scientific paper after have got the workshop.