Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau

Main Authors: Saputri, Rika, Satinem, Satinem, Murti, Sri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau , 2020
Online Access: https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/933
https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/933/481
Daftar Isi:
  • Student worksheets (LKS) especially in writing persuasion text material used by teachers are still oriented to the text so students have difficulty understanding the material contextually. For this reason, this study aims to develop worksheets for writing contextual persuasion texts based on students of Class VIII at SMP Ar-Risalah Lubuklinggau. This research is a type of Research and Development (R&D) research using the Dick & Carey model. Data collection techniques using interview techniques, questionnaires, and tests. Data analysis techniques for effectiveness testing using SPSS version 20. The results of the study show that LKS writes contextual persuasion text based on Students of Class VIII at SMP Ar-Risalah Lubuklinggau which are developed valid, practical, and effective so that it is appropriate to be used by Indonesian language teachers as one of the teaching materials to achieve the objectives learning to write persuasive texts. Then, the results of the product effectiveness test showed that the use of LKS writing contextual persuasion text writing was able to improve students' persuasion writing skills.
  • Lembar kerja siswa (LKS) khususnya pada materi menulis teks persuasi yang digunakan guru masih berorientasi pada teks sehingga siswa kesulitan memahami materi secara kontekstual. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS menulis teks persuasi berbasis kontekstual siswa Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Dick & Carey. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data untuk uji efektivitas menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS menulis teks persuasi berbasis kontekstual Siswa Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan oleh guru bahasa Indonesia sebagai salah satu bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran menulis teks persuasi. Kemudian, hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa penggunaan LKS menulis teks persuasi berbasis kontekstual mampu meningkatkan kemampuan menulis persuasi siswa.