Pengembangan LKS pada Materi Mendemonstrasikan Naskah Drama Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau

Main Authors: Handayani, Tiya, Satinem, Satinem, Murti, Sri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau , 2020
Online Access: https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/921
https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/921/469
Daftar Isi:
  • The student worksheets (LKS) used so far are still textual without regard to the local wisdom where students live. For this reason, it is necessary to develop LKS based on local wisdom so that students are more motivated to learn and understand teaching material. This study aims to describe the feasibility of developing worksheets on the material demonstrating the play of scripts based on local wisdom of class XI students of SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau seen from the level of validity, practicality, and effectiveness. The research method used is Dick & Carey's Research and Development (R&D) model. Data collection techniques using interviews, questionnaires, and tests. The test results were analyzed by paired sample t-test with SPSS version 16. This research has produced a new product in the form of LKS on the material demonstrating a valid, practical and effective local wisdom based script so that it is suitable to be used. Based on the calculation results show that the t-test is greater than 3.648, 1.697, then it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Test results on the paired samples test output indicate that the value of sig. is 0,000 smaller 0.05 so Ho is rejected. So, there is a significant difference between the values ​​before and after using teaching materials to demonstrate LKS scripts based on local wisdom
  • Lembar kerja siswa (LKS) yang digunakan selama ini masih bersifat tekstual tanpa memperhatikan kearifan lokal tempat siswa tinggal. Untuk itu, perlu dikembangkan LKS berbasis kearifan lokal agar siswa lebih termotivasi belajar dan memahami materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan pengembangan LKS pada materi mendemonstrasikan naskah drama berbasis kearifan lokal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau dilihat dari tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) model Dick & Carey. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kusioner, dan tes. Hasil tes dianalisis dengan paired sample uji-t dengan SPSS versi 16. Penelitian yang telah dilakukan ini menghasilkan produk baru berupa LKS pada materi mendemonstrasikan naskah drama berbasis kearifan lokal yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih besar ttabel yaitu 3,648 lebih besar 1,697, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji pada output paired samples test menunjukkan bahwa nilai sig. adalah 0,000 lebih kecil 0,05 sehingga Ho ditolak. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar LKS mendemonstrasikan naskah drama berbasis kearifan lokal.