PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Main Author: Handayani, Imratul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah , 2018
Online Access: https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/59
https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/59/42
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematissiswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN Batusangkar. Hal inidisebabkan antara lain karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswamasih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisa menyelesaikanmasalah komunikasi dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakanpembelajaran melalui pendekatan open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pendektan open ended terhadap kemampuan berikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah QuasiExsperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Batusangkaryang terdaftarpada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dilakukansecara random sampling.Kelas eksperimen adalah siswa kelas VIII1 dan sebagai kelaskontrol adalah siswa kelas VIII2 SMPN 5 Batusangkar.Instrumen penelitian adalah teskemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan berpikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji tdan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajardengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar denganpembelajaran konvensional. (2) Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasimatematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatanopen ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran melaului pendekatan open ended dankemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis siswa.