PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Main Authors: | Fauziyah, Syifa, Ponoharjo, Ponoharjo, Oktaviani, Dian Nataria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/51 https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/51/37 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel yang diambil 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi,tes, dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji t pihak kanan dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan presentase pengaruh sebesar 61,49%