PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Main Authors: Fauziyah, Syifa, Ponoharjo, Ponoharjo, Oktaviani, Dian Nataria
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah , 2019
Online Access: https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/51
https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/51/37
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel yang diambil 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi,tes, dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji t pihak kanan dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan model  pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan presentase pengaruh sebesar 61,49%