PENINGKATAN AKTISVITAS BELAJAR SISWA KELAS IXB SMPN 2 LENGAYANG DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN BAHAN AJAR

Main Authors: Nofrita, Nofrita, Sudirman, Destaria
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah , 2020
Online Access: https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/37
https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/37/30
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dihadapi oleh guru Biologi di SMPN 2 Lengayang ditunjukkan olehpermasalahan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Cara yangdiperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaranadalah metode diskusi kelompok menggunakan bahan ajar. Menggunakan metode diskusikelompok memakai bahan ajar, akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif untukmemecahkan masalah yang dihadapi kelompoknya. Dengan demikian, diharapkan aktivitasbelajar siswa juga dapat ditingkatkan. Oleh karena itu dilaksanakan suatu tindakan kelas denganjudul Peningkatan Aktisvitas dan Hasil Belajar Siswa kelas IXb SMPN 2 LengayangDenganMetode Diskusi Kelompok Menggunakan Bahan Ajar”. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah: Apakah kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok menggunakanbahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran?. Penelitian inidilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkankelemahan atau kekurangan yang terlihat pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, makadirencanakan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II, agar peningkatan aktivitas siswayang terjadi benar-benar signifikan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas belajarsiswa dengan metode diskusi kelompok memakai bahan ajar dapat ditingkatkan, hal ini dapatdilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif menjawab soal bahan ajar siklus Iajar 59,7 % , siklus II 92,1 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I, 44,7 %, pada siklus II, 69,4%, siswa yang aktif menjawab dengan pertanyaan siklus I 57,1 % siklus II 71 %, siswa yangmengemukakan pendapat siklus I 28,9 %, siklus II 60,6 %, dan siswa yang membuatkesimpulan siklus I, 57 %, siklus II, 91,2 %. Berdasarkan data yang diperoleh selamapembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusikelompok memakai bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.