PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Main Authors: | Fikriani, Tiara, Yenti, fepryna, Susanti, Lisa Putri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/149 https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/149/117 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Koto. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel yang terambil adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Uji statistik untuk pemahaman konsep matematika siswa menggunakan uji-t diperoleh thitung > t(0.95,51) yaitu 3,783> 1,674 artinya H0 ditolak. Jadi, disimpulkan bahwa “Pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Koto.