PERILAKU KOMUNIKASI NONVERBAL ANAK AUTIS DALAM PROSES BELAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN DI KOTA MAKASSAR
Main Author: | RASYID, RUKMINI |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/9236 |
Daftar Isi:
- 2014
- Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perilaku komunikasi nonverbal anak autis selama proses belajar; 2) Untuk mengetahui makna perilaku komunikasi nonverbal anak autis yang diperlihatkan selama proses belajar belangsung. Penelitian ini dilaksanakan di kota Makassar. Adapun objek penelitian ini adalah anak autis yang ditentukan berdasarkan ketidakmampuan dalam berkomunikasi dan umur. Tipe penelitian kualitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan nonpartisipan dan data yang sekundernya dikumpulkan melaluli observasi, studi pustaka, lieratur dari internet, dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait denga penelitian ini. Data yang telah berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi nonverbal anak autis sangat beragam dan sangat berbeda dengan perilaku komunikasi nonverbal anak-anak pada umumnya, serta makna dari perilaku tersebut terkadang kurang dapat dipahami oleh guru yang bersangkutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendekatan serta perhatian terhadap anak autis sangatlah membantu seorang guru dalam memahami makna dari perilaku anak tersebut.