PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN PADA PT. SEMEN TONASA KABUPATEN PANGKEP
Main Author: | YUNIARTI, WAODE RENY |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/9024 |
Daftar Isi:
- 2014
- PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN PADA PT. SEMEN TONASA KABUPATEN PANGKEP Waode Reny Yuniarti Muhammad Ismail Wahda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) citra merek yang meliputi corporate image, user image dan product image secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian Semen Tonasa, 2) citra merek yang meliputi corporate image, user image dan product image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Semen Tonasa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden pelanggan semen tonasa di wilayah Bumi Tamalanrea Permai Makassar. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian adalah uji validitas dan uji reabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda di peroleh persamaan Y= 3,007 + 0,291X 1+ 0,645X2 + 0,430X3. Variabel yang paling dominan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian adalah user image dengan nilai koefisien sebesar 0,645 artinya apabila PT.Semen Tonasa meningkatkan user imagenya dengan baik dan tepat, maka konsumen akan semakin menyimpan semen tonasa dalam memory mereka karena diferensiasi tersebut. Berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,421 hal ini berarti seluruh variabel bebas yakni Corporate Image (X1), User Image (X2) dan Product image (X3), mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 42,1% terhadap variabel terikat (Y) yaitu Keputusan Pembelian , sedangkan sisanya sebesar 57,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar model ini. Dengan demikian, hubungan ketiga variabel independen dikatakan sangat berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian. Kata kunci : citra merek, corporate image, user image, product image, keputusan pembelian