PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM AUTONAVIGASI KAPAL LAUT DENGAN SISTEM KENDALI CERDAS BERBASIS DATA GLOBAL POSITIONING SYSTEM

Main Authors: : Zahir Zainuddin, Rahimuddin, Adnan
Format: Article
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
GPS
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/7875
Daftar Isi:
  • Penelitian menyangkut autonavigasi kendaraan (vehicle autonavigation) khususnya autonavigasi kapal laut. Autonavigasi meliputi kemampuan kendaraan untuk mengikuti titik-titik trayek yang telah dimasukkan ke dalam memori sistem kontrol navigasi kendaraan. Autonavigasi kendaraan diperlukan karena beberapa kondisi, diantaranya, kendaraan harus dijalankan tanpa awak, misalnya untuk keperluan militer atau kendaraan harus melalui kondisi lingkungan yang sulit. Alasan lainnya adalah untuk memberikan kenyamanan kepada pengemudi. Autonavigasi kapal laut juga diperlukan karena kedua alasan diatas. Konsep autonavigasi kapal laut yang diusulkan pada penelitian adalah pemberian titik-titik koordinat pada database sistem kontrol kapal laut yang harus dilalui oleh kapal. Untuk mengetahui apakahkapal telah melewati trayek yang ditentukan maka umpan balik koordinat posisi kapal didapatkan menggunakan data dari satelit GPS. Karena adanya faktor alam seperti angin dan ombak laut, maka kemungkina kapal tidak melewati trayek yang ditentukan dapat terjadi. Untuk mengatasi hal ini, beberapa algoritma kontrol, dengan masukan database trayek dandata umpan balik GPS, akan diimplementasikan untuk mengurangi kesalahan trayek dari kapal laut. Pada tahun pertama penelitian beberapa hal telah dikembangkan separti teknik akusisi data GPS ke dalam sistem komputer, pengembangan modul kontrol motor servo kemudi kapal serta pengembangan algoritma sederhana sistem kontrol kemudi kapal. Tujuan penelitian pada tahun kedua adalah pengembangan sistem kontrol kemudi kapal berbasis komputer yang akan dibangun pada kapal penelitian. Uji-coba akan dilakukan dengan membuat beberapa pola trayek dan analisis terhadap beberapa algoritma kontrol akan dilakukan untuk mendapatkan algoritma yang terbaik untuk mengurangi kesalahan trayek akibat kondisi laut yang dinamis. Target jangka panjang yang diharapkan adalah dengan mengimplementasikan sistem radar pada kapal dan algoritma penghindaran tabrakan dapat dilaksanakan.