PENGARUH KINERJA STRATEGI PEMOSISIAN TERHADAP CITRA MEREK (Survei pada Pelanggan Provider Seluler GSM Pra-bayar Telkomsel, Indosat, dan XL di Makassar)

Main Author: Ismail, Muhammad
Format: Article
Terbitan: Kopertis Wilayah IX Sulawesi , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/5581
Daftar Isi:
  • Tingginya kecenderungan perilaku tidak loyal pada pengguna kartu seluler GSM pra-bayar menghambat pertumbuhan industri jasa seluler di Indonesia, khususnya di Makassar. Secara teoritis, loyalitas merek dapat dibangun dari pengembangan kemegahan citra merek sebagai dorongan dari efek komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian tentang: (1) persepsi pelanggan mengenai kinerja strategi pemosisian dan citra merek pada pelanggan provider seluler GSM pra-bayar di Makassar; dan (2) pengaruh dari kinerja strategi pemosisian terhadap citra merek. Metode yang digunakan adalah survei eksploratori-eksplanatori. Populasi sasaran adalah seluruh pelanggan provider seluler GSM pra-bayar di Makassar. Sampel diambil secara acak melalui teknik stratified random sampling dengan ukuran sampel sebesar 460 pelanggan. Model pengaruh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling / SEM sesuai kerangka model yang tersusun atas hubungan kausal antar variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kinerja strategi pemosisian dan citra merek pada pelanggan dipersepsikan belum mencapai kualitas yang diharapkan; dan (2) Kinerja strategi pemosisian berpengaruh secara signifikan terhadap citra merek yang menunjukkan bahwa provider dengan pemosisian produk yang lebih tepat mampu mengembangkan citra merek yang lebih positif. Ketepatan strategi pemosisian menentukan keberhasilan pembangunan citra merek