STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS BAROKO KEC.BAROKO KAB.ENREKANG

Main Author: IRMAN
Format: Thesis
Terbitan: , 2012
Subjects:
-
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/2284
Daftar Isi:
  • Irman (E211 08 002), Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Puskesmas Baroko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Dibimbing oleh Dr. H.M. Yunus, MA dan Drs. H. M. Akib Halede, MS. Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, untuk itu diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali biaya dan terkendali mutu.. Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian diperlukan strategi dalam suatu organisasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Strategi sangat diperlukan guna memaksimalkan sumber daya yang ada untuk pencapaian tujuan organisasi secara efisien dan terarah. Pilihan suatu strategi yang baik akan memberikan gambaran pola tindakan utama dan pola keputusan yang dipilih untuk mewujudkan tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Puskesmas Baroko di Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Masalah yang diteliti adalah sejauh mana kualitas Pelayanan Puskesmas Baroko Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan didukung dengan data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder di peroleh dari pengolahan data dan observasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan informasi melalui wawancara dan pada akhirnya dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan para pegawai Puskesmas Baroko demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan adalah selalu ramah, sopan dan murah senyum dalam memberi pelayanan, informasi yang diberikan kepada pasien selalu jelas (pelayanan pima). Hal ini dilakukan oleh pegawai Puskesmas Baroko agar pasien yang datang konsultasi terhadap penyakitnya/ berobat merasa puas terhadap kinerja yang diberikan oleh pegawai tersebut.Irman (E211 08 002), the Quality Improvement Strategy District Health Center baroque baroque Enrekang District. Supervised by Dr. H. M. Yunus, MA, and Drs. H. M. Akib Halede, MS. Health is a basic human need to be able to live decent and productive, it is necessary for the implementation of a controlled health care costs and quality controlled .. Health services is one of the services most needed by the community. Not surprising that health should always be addressed in order to provide the best health services to the community. Health care service in question of course is a fast, precise, cheap and friendly. Given that a country will be able to run properly if the development is supported by a healthy society physically and spiritually. That should increase with kapitas and networking functions to health care facilities at the village level in support of decentralization in the health sector and address the issues and geographical constraints and to improve the quality of human structural and non structural and institutional health office in anticipation of the challenges of globalization in the health sector. The purpose of this study was to analyze on the Quality Improvement Strategy in the District Health Center baroque baroque Enrekang District. Problem studied is the extent to which the quality of health center services baroque Enrekang District. The research approach used is qualitative descriptive and supported by secondary data. The type of data is primary data obtained from interviews and secondary data obtained from the processing of data and observations. Techniques of data analysis starts from the collection of information through interviews and in the end by drawing conclusions. The results showed that the strategy pursued Baroko clinic employees to improve the quality of health care is always friendly, polite and smiling in providing services, information provided to patients is always clear (excellent service). this is done by a clinic employee Baroko consultations that patients who come to the illness / treatment are satisfied with the performance by the employee.