Penerapan Project Based Learning Pada Pemebelajaran Mata Kuliah Al-Masrahiyyah

Main Author: Haeruddin
Format: Article
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/21421
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Implementasi Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Mata Kuliah Al-Masrahiyyah (MKA). Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model PjBL dalam pembelajaran MKA dan untuk menjelaskan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penerapannya. Hasil penelitian berupa deskripsi implementasi pembelajaran model PjBL dalam pembelajaran MKA serta analisis persepsi mahasiswa. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Asia Barat angkatan 2013. Data penelitian berupa kompetensi kognitif, afektif, serta psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran model PjBL dalam pembelajaran MKA di Jurusan Sastra Arab Unhas dapat meningkatkan kompetensi kognitif mahasiswa yang meliputi: (a) kemampuan dalam mengelolah informasi, (b) kemapuan dalam berfikir kritis, (c) kemampuan dalam mengkonstruksi pengetahuan, dan (d) kemampuan dalam memecahkan masalah; (2) Penerapan pembelajaran model PjBL pada MKA dapat meningkatkan kompetensi afektif mahasiswa yang meliputi: (a) rasa percaya diri, (b) kemampuan berkomunikasi, (c) kemampuan kerjasama, (d) kemampuan pemecahan masalah, (e) rasa tanggungjawab, dan (f) kemampuan pengendalian diri. (3) Penerapan pembelajaran model PjBL pada MKA dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam skill kebahasaan (mah??rat al-lughah al-???arba) yang meliputi: (a) kemahiran mendengar (mah??rat al-istima), (b) kemahiran menulis (mah??rat al-kit??bah), (c) kemahiran membaca (mah??rat al-Qir??ah), dan (d) kemahiran berbicara (mah??rat al-khit??bah).