ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SEMEN PADA PT. SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP

Main Author: DJUMAING, DHARMANSYAH
Format: Thesis
Terbitan: , 2012
Subjects:
-
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/2108
Daftar Isi:
  • Dharmansyah Djumaing, A211 07 607. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Terhadap Pembelian Semen Pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh Hj. Nurjannah Hamid dan Hj. Nuraeni Kadir) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang memengaruhi konsumen terhadap pembelian semen pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, serta untuk menganalisis tanggapan konsumen melalui kualitas produk, citra merek, harga dan promosi terhadap pembelian semen tonasa. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas, uji heterokesdastisitas, pengujian hipotesis yang meliputi : uji serempak (uji F) dan uji parsial (Uji t). Berdasarkan hasil analisis regresi yang telah dilakukan mengenai faktor- faktor yang memengaruhi konsumen terhadap pembelian semen pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, maka dapat disimpulkan bahwa keempat faktor yakni : kualitas produk, citra merek, harga dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian semen. Sedangkan dari hasil pengujian koefisien regresi maka diperoleh hasil bahwa faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian semen adalah kualitas produk, alasannya karena memiliki nilai koefisien regresi dan nilai thitung yang terbesar jika dibandingkan dengan faktor lainnya.