FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT RAWAT INAP LONTARA 2 RSUP Dr.WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

Main Authors: Rosyda, Afifa, Nurhayani, Marzuki, Dian Saputra
Format: Article
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/18820
Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien adalah hasil yang dicapai pada saat keistimewaan produk merespon kebutuhan pasien.Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan yang diberikan. Pengguna jasa pelayanan rumah sakit, dalam hal ini pasien, menuntut pelayanan yang berkualitas tidak hanya menyangkut kesembuhan dari penyakit secara fisik atau meningkatkan derajat kesehatannya, tetapi juga menyangkut kepuasan terhadap sikap, selalu tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan fisik yang dapat memberikan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di unit rawat inap lontara 2 RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional Study.Populasi sebanyak 3.005 pasien dan sampel sebanyak 94 pasien dengan teknik accidental sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kenyamanan (p=0,000), tidak ada hubungan antara hubungan antarmanusia (p=0,366), ada hubungan antara kompetensi teknis (p=0,049), dan ada hubungan antara efisiensi (p=0,035)dengan kepuasan pasien BPJS. Dalam penelitian ini menyarankan kepada petugas kesehatan di ruang rawat inap lontara 2 agar lebih meningkatkan keramahan, perhatian, respon terhadap keluhan pasien dan meningkatkan informasi dan ketersediaan obat dirumah sakit serta menjaga kebersihan toilet/kamar mandi.