ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SOPHIE MARTIN PADA BC. IVRINA KATILI
Main Author: | NUR ARIF, MUTMAINNAH |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/1874 |
Daftar Isi:
- -
- MutmainnahNurArif, AnalisisFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Sophie Martin Pada BC. Ivrina Katili (dibimbing oleh Dr. Indrianty Sudirmani, Msi dan Romy Setiawan MSM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Sophie Martin Pada BC. Ivrina Katilidi Makassar. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 konsumen dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner serta studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan program SPSS versi 17 untuk analisis regresi linear berganda. PT Sophie Martin Indonesia merupakan perusahaan Multi Level Marketing (MLM) yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1994.Sudah lebih dari 13 tahun lamanya Sophie Martin berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan meningkatnya aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang fashion, maka perlu adanya analisis terhadap perilaku konsumen dalam rangka meningkatkan volume penjualan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat faktor-faktor apa yang mempengaruhi keinginan konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Hasil penelitian terbukti dengan pengujian hipotesis yaitu uji F hitung , uji t dan koefisien determinasi. Uji F dilakukan untuk mengetahui pengaruh serentak dari variabel - variabel bebas ( Keluarga, SituasiEkonomi, dan Gaya Hidup ) terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian ) di Sophie Martin. Dari uji F hitung diperoleh nilai F hitung sebesar 37,449 sedangkan F tabel 2,70 ( F hitung> Ftabel ). Artinya secara bersama - sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (X1,X 2,X 3 ). Uji t dilakukan untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas (X1,X 2,X 3 ) yaitu Keluarga, SituasiEkonomi, dan Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y)dimana t table adalah 1,985. Hasilnya menunjukkan variabel Keluarga yaitu 1,835 tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel Situasi Ekonomi dan Gaya Hidup yaitu 1,988 dan 2,933 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien korelasi yang menunjukkan keeratan hubungan antara keputusan pembelian dengan faktor - faktor yang mempengaruhinya cukup kuat terbukti dengan R = 0,734. Koefisien determinasi ( R 2 ) sebesar 0,525 yang berarti bahwa 53,0% variasi variabel terikat ( Keputusan Pembelian) mampu dijelaskan oleh ketiga variabel bebas sedangkan 47% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci :Faktor-Faktor yang MempengaruhiPerilakuKonsumendan KeputusanPembelian