Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Keberangkatan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar
Main Author: | Amin, Muh. Nur Asri |
---|---|
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/18704 |
Daftar Isi:
- ???ANALISIS TINGKAT PELAYANAN KEBERANGKATAN PELABUHAN SOEKARNO-HATTA MAKASSAR??? Sakti Adji Adisasmitha1, Dantje Runtulalo2, Muh. Nur Asri Amin3 ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, dengan sekitar 17.508 buah pulau yang membentang sepanjang 5.120 km dari timur ke barat sepanjang khatulistiwa dan 1.760 km dari utara ke selatan. Luas daratan Negara Indonesia mencapai 1,9 juta km2 dan luas perairan laut Indonesia sekitar 7,9 juta km2. Indonesia mempunyai garis pantai sepanjang 81.791 km. Mengingat perairan pantai atau pesisir merupakan perairan yang sangat produktif, maka panjangnya pantai Indonesia merupakan potensi sumber daya alam yang besar untuk pembangunan ekonomi di negara ini. Dari hasil penelitian ini akan dapat memberikan informasi bagi pemerintah setempat atau kantor PT. PELINDO IV mengenai harus dilakukan peningkatan fasilitas terminal keberangkatan pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar di masa yang akan datang. Sehingga dari terminal tersebut akan lebih nyata kegunaannya serta memperluas wawasan pengetahuan dan pengalaman khususnya dibidang teknik bagian transportasi. Dari hasil perhitungan didapatkan, Kerb pada tahun 2015-2019 perlu diperlebar hingga 10 m. Hall keberangkatan dari tahun 2015 sebesar 849 m2 perlu diperluas hingga 1224 m2 pada tahun 2019. Security gate dari tahun 2015-2019 perlu ditambah hingga mencapai 5 unit. Ruang tunggu dari tahun 2015 sebesar 314 m2 sudah memenuhi standar hingga tahun 2019 470 m2 pada. Check-in area dari tahun 2015 sebesar 129 m2 perlu diperluas hingga 185 m2 pada tahun 2019. Tempat duduk dari tahun 2015 sebanyak 107 unit perlu ditambah hingga 155 unit pada tahun 2019. Toilet dari tahun 2015 seluas 71 m2 perlu diperluas hingga 102 m2 pada tahun 2019 dan gudang pada tahun 2015-2019 perlu diperluas hingga 60 m2. Dari keseluruhan hasil perhitungan didapat jumlah tempat duduk, ruang tunggu keberangkatan dan luas toilet yang telah memenuhi standar sedangkan item yang lain masih perlu dilakukan pengembangan hingga 5 tahun kedepan guna memenuhi standar Level of Service terminal keberangkatan pelabuhan Soekarno-Hatta. Kata kunci: Pelabuhan, Soekarno-Hatta, Level of Service, Terminal Pelabuhan. ABSTRACT Indonesia is one of the largest archipelago in the world, with about 17,508 islands that stretches 5,120 km from east to west along the equator and 1.760 km from north to south. State land area of Indonesia reached 1,9 million km2 and Indonesia sea area are aproximately about 7.9 million km2. Indonesia has a coastline of 81.791 km. The coastal waters are very productive, then the length of the coast of Indonesia is a potential major natural resources for economic development in the country. From the results of this research will be able to provide information to local authorities or the office of PT. Pelindo IV about to be done to improve the facilities the departure terminal of Soekarno-Hatta Makassar port in the future. So from the terminal will be more apparent usefulness as well as broaden the knowledge and experience particularly in the field of transportation engineering section. From the calculation results obtained, Kerb in 2015-2019 needs to be widened to 10 m. Hall departure of 2015 amounted to 849 m2 needs to extend to 1224 m2 in 2019. Security gate from the year 2015 to 2019 should be increased up to 5 units. The lounge area of 2015 amounted to 314 m2 to meet the standard until 2019 on 470 m2. Check-in area of 2015 amounted to 129 m2 to 185 m2 needs to be expanded in 2019. seating of 2015, there were 107 units should be increased to 155 units in 2019. Toilet from 2015 amounted 71 m2 to 102 m2 needs to be expanded in shed in 2019 and 2015 to 2019 needs to be extended up to 60 m2. The results of the calculations obtained the amount of seating, spacious departure lounge and toilet that meets the standards, while the other items are still necessary for the development of up to 5 years in the future in order to meet the Level of Service standards departure terminal of Soekarno-Hatta port. Keywords : Port , Soekarno - Hatta , Level of Service, Port Terminal . 1 Dosen Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin, Makassar 90245, INDONESIA 2 Dosen Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin, Makassar 90245, INDONESIA 3 Mahasiswa S1 Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin, Makassar 90245, INDONESIA