KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TENRIAWARU KABUPATEN BONE
Main Author: | IKA ANGRAINI, ANDI |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/16833 |
Daftar Isi:
- 2015
- KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TENRIAWARU KABUPATEN BONE ANDI IKA ANGRAINI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS HASANUDDIN ABSTRAK Latar Belakang : Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut merupakan perbandingan antara persepsi terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone, berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan diantaranya jaminan, empati, daya tanggap, tampilan fisik, dan pelayanan medis berdasarkan skala Likert. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan jumlah sampel 65 orang. Subyek penelitian adalah seluruh pengunjung (pasien) Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadap dimensi jaminan sebesar 84,6% dengan kategori puas. Pada dimensi empati menunjukkan 81,5% pasien merasa puas. Pada dimensi daya tanggap menunjukkan 36.9% pasien merasa puas. Pada dimensi tampilan fisik menunjukkan 84,6% pasien merasa puas. Pada dimensi pelayanan medis menunjukkan 72,3% merasa puas. Berdasarkan hasil penelitian tentang kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone ditinjau dari lima dimensi menunjukkan bahwa pasien merasa puas terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Bone. Kata Kunci : Kepuasan pasien, Mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut