HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BERSALIN BUNDA KOTA MAKASSAR

Main Author: TGIL, A.Octadalarani
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/14440
Daftar Isi:
  • Dimensi kepuasan pasien dengan empat dimensi yakni dimensi kompetensi teknis, dimensi hubungan antarmanusia, dimensi kenyamanan dan dimensi keamanan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara mutu pelayanan kesehatan yang diberikan dari beberapa dimensi, dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bersalin Bunda Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan desain cross sectional study, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan jumlah sampel 90, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimensi kompetensi teknis dengan kepuasan pasien berdasarkan uji fisher exact (p=0,017), ada hubungan antara dimensi hubungan antarmanusia dengan kepuasan pasien berdasarkan uji chi square (p=0,035), ada hubungan antara dimensi kenyamanan dengan kepuasan pasien berdasarkan uji fisher exact (p=0,009), ada hubungan antara dimensi keamanan dengan kepuasan pasien berdasarkan uji chi square (p=0,008), rumah sakit bersalin bunda Kota Makassar disarankan untuk mampu meningkatkan mutu pelayanan pasien sehingga dapat bersaing dengan rumah sakit bersalin lainnya yang ada di Kota Makassar