HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT KEMBALI PASIEN RAWAT INAP RS dr.TADJUDDIN CHALID

Main Authors: Dewi Rahayu, Putri, Hamzah, Asiah, Amir, Muh. Yusran
Format: Article
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/12985
Daftar Isi:
  • Bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Bauran pemasaran ini terdiri dari: product, place, promotion, people, physical evidence, dan process yang merupakan variabel dari penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan minat kembali pasien di unit rawat inap rumah sakit dr. Tadjuddin Chalid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah memanfaatkan satu kali pelayanan rawat inap RS dr.Tadjuddin Chalid. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 pasien. Analisis dilakukan dengan analisis uji chi ??? square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara product (p= 0,000), place (p = 0,000), promotion (p= 0,000), people (p= 0,000), physical evidence (p= 0,000), dan process (p= 0,000) dengan minat kembali pasien rawat inap. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel product, place, promotion, people, physical evidence, dan process memiliki hubungan dengan minat kembali pasien. Kata kunci : Bauran pemasaran, minat pasien, rumah sakit