STUDI FENOMENOLOGI ATAS PERSEPSI DAN PERILAKU PEMANFAATAN KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN DATA NASIONAL SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH
Main Authors: | T. Pontoh, Grace, Darwis Said, IshakAmsari, Achyar Ibrahim |
---|---|
Format: | Article |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
lppm
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/12278 |
Daftar Isi:
- Penelitian inibertujuanuntukmengkajiefektivitasimplementasikomunikasidanmanajemen data nasionalsisteminformasikeuangandaerah.Fokuspenelitianini padaaspekperceived behavioral controldalamhubungannyadenganintensionalitasmenggunakansistemtersebut.PenelitianinimengacupadapenelitianPontoh, dkk. (2013) yang menunjukkanbahwavariabelperceived behavioral controltidakmempunyaihubungansignifikandenganniat menggunakan sistem tersebut. PenelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatanfenomenologiMerleau-Pontyuntukmengkajidanmenggambarkanlebihdalammengenaipersepsidanperilakupenggunadalamkesadarannya memanfaatkan sistemkomunikasidanmanajemen data nasional.Fenomenatersebutdiamatidalamtigatahapanalisis, yaitu: (1) intensionalitaspersepsidanperilakupadaranahpenerimaan, (2) intensionalitaspersepsidanperilakupadaranahimplementasi, sebuahanalisis diantaradua level kesadaran, (3) Persepsidanperilakupadaranahkemanfaatan, sebuahanalisisintensionalitasatasmaknaeksistensi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatdua level penerimaan, yaitu: menerimapadalevel tanpakesadaranmaknadanmenerimapada level kesadarandengankesadaranmakna. Dua level penerimaaniniberpengaruhsecaraberbedaterhadapintensionalitaspadatahapimplementasidanintensionalitasatasmaknaeksistensi. Hasilpenelitianinimengindikasikanbahwasuatupekerjaan yang semata-matadilaksanakanatasdasarpenugasantanpadidasariolehinisiatifdankesadaran (atasdasarperilaku yang disadari) olehpelakunya, makakecenderungannyatidakdiikutiniat yang sungguh-sungguhuntukmelaksanakannyasehinggaberdampakpadaefektivitascapaiandanoutcomes.Penelitianinijugamenemukankecenderungantidakterjadinya proses koordinatif, pemahamanbersama, dan tindakanstrategisdalampencapaiantujuansebagaimana yang ditekankanHabermasdalam ???The Theory of Communicative Action??? yang menekankanterjadinyapartisipasisecaraluas, berbagiinformasidenganpublik, danpencapaiankonsensusmelaluidialog publik.