ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP IPK MAHASISWA AKUNTANSI PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HASANUDDIN (STUDI EMPIRIS)

Main Author: EMBONG BULAN, SINAR
Format: Thesis
Terbitan: , 2012
Subjects:
IPK
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/1206
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kecerdasan intelektual terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kecerdasan intelektual terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, untuk menganalisis variabel yang paling dominan mempunyai pengaruh terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, sehingga metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda serta pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis pengaruh antara kecerdasan intelektual terhadap Mahasiswa Akuntansi dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi khususnya pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Dengan demikian hipotesis pertama dapat dikatakan terbukti. Pengaruh antara kecerdasan emocional terhadap Mahasiswa Akuntansi dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi khususnya pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti. Variabel yang paling dominan mempengaruhi IPK Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin adalah kecerdasan intelektual, alasannya karena koefisien regresi kecerdasan intelektual memiliki nilai korelasi jika dibandingkan dengan koefisien regresi kecerdasan emosional. Dengan demikian hipotesis terbukti.