ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN MODEL MULTIPLE CHANNEL QUERY SYSTEM (M/M/s) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. KANCA RANTEPAO UNIT MENGKENDEK KAB.TANA TORAJA
Main Author: | KURNIATY S, INDAH |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/11814 |
Daftar Isi:
- 2014
- Analisis Penerapan Sistem Antrian Model Multiple Channel Query System Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanca Rantepao Unit Mengkendek Kab.Tana Toraja Indah Kurniaty S Mahlia Muis Musran Munizu Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang saat ini digunakan oleh PT.Bank Rakyat Indonesia Kanca Rantepao Unit mengkendek Kab.Tana Toraja. PT.Bank Rakyat Indonesia Kanca Rantepao Unit mengkendek Kab.Tana Toraja menggunakan sistem antrian model jalur tunggal atau Single Channel Query System (M/M/1). Dari hasil pengolahan data model ini memperlihatkan jumlah terbanyak nasabah yang menunggu dalam antrian terjadi pada periode 08.00-09.00 dan 09.00-10.00 sebanyak 18,05 orang dan waktu rata-rata terlama yang dihabiskan oleh seorang nasabah dalam antrian selama 57 menit. Dari hasil penelitian dengan menggunakan sistem antrian model jalur berganda Multiple Channel Query System (M/M/s) jumlah terbanyak nasabah yang menunggu dalam antrian terjadi pada periode 08.00-09.00 dan 09.00-10.00 berkurang sebanyak 17,774 orang menjadi 0,276 orang dan waktu rata-rata terlama yang dihabiskan oleh seorang nasabah dalam antrian berkurang selama 56,16 menit menjadi 0,84 menit. Hal ini menunjukkan kinerja sistem antrian pada counter teller PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanca Rantepao Unit Mengkendek Kab. Tana Toraja akan meningkat dengan menggunakan model M/M/s. Kata Kunci : Sistem Antrian, Multiple Channel Query System (M/M/s)