STUDI PENGELOLAN SAMPAH HOTEL DAN PROSPEK PENGEMBANGANNYA DI KOTA MAKASSAR
Main Author: | Sofyan, Lusviminda |
---|---|
Format: | WorkingPaper |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/11330 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK STUDI PENGELOLAAN SAMPAH HOTEL DAN PROSPEK PENGEMBANGANNYA DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Hotel Grand Clarion, Hotel Sahid Jaya dan Hotel Imperial Aryaduta di Kota Makassar) Lusviminda Sofyan 1), Mary Selintung2), dan Achmad Zubair2) 1) Mahasiswi Teknik Lingkungan Jurusan Teknik Sipil Universitas Hasanuddin Makassar 90245 Indonesia 2) Dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Hasanuddin Makassar 90245 Indonesia Abstrak Makassar sebagai salah satu destinasi tujuan pariwisata yang paling sering dikunjungi di Indonesia ini mempengaruhi tingkat produksi sampah. Hotel yang digunakan sebagai tempat peristirahatan memberikan sumbangsih yang besar terhadap terjadinya timbulan sampah. Penelitian ini bertujuan menganalisis volume dan komposisi timbulan sampah, kondisi eksisting teknik operasional pengelolaan sampah hotel dan mengoptimalkan prospek pengembangannya di Kota Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan sampling secara acak sederhana. Datanya dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: besar rata-rata volume sampah yang dihasilkan dari kegiatan ataupun aktivitas yang terjadi di Hotel Grand Clarion Makassar sebesar 6513,89 liter/hari, di Hotel Sahid Jaya Makassar sebesar 2009,48 liter/hari, dan Hotel Imperial Aryaduta Makassar sebesar 1912,69 liter/hari. Aspek teknik operasional pengelolaan sampah (pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, dan tempat pembuangan sementara) dapat dijelaskan bahwa sistem pewadahan sampah yang digunakan adalah pola individual, pola pengumpulan sampah adalah sistem komunal tidak langsung, pengangkutan sampah bersifat komunal, dan sampah hanya bermuara di tempat pembuangan sementara yang tergolong transfer depo tipe I. Saran yang diberikan kepada pihak hotel yaitu setelah mengetahui adanya prospek pengembangan sampah ini, sebaiknya pihak hotel bias menerapkan system daur ulang maupun composting guna mengurangi timbulan sampah yang dihasilkan agar tidak berdampak ke lingkungan kedepannya. Kata kunci: Sampah, hotel, Makassar,teknik operasional, prospek pengembangan. Abstract Makassar as one of destination most visited in Indonesia have high rate of garbage production. Hotels used as a relaxing place contribute significantly to produced a lot of garbage. The objective of this research is to analyze volume and composition of garbage, to evaluate the situation existence of operational technique waste management and to optimize its development prospect in Makassar. The data were collected through the interview, observation, and random sampling, and analyzed by descriptive-qualitative. The results of the research shown that the average garbage Hotel Grand Clarion Makassar for 6513,89 liters/day, Hotel Sahid Jaya Makassar for 2009,48 liters/day, and Hotel Imperial Aryaduta Makassar for 1912,69 liters/day. The aspect of the operational technique waste management (placing, collecting, transporting, and temporary banishment) can be explained, that system of waste placing used is individual pattern, the pattern of the waste collecting is indirect that communal collecting system, the waste transportation is communal, and the waste is just put into the temporary banishment and classified as type transfer depo 1. The suggestion is that hotels can implement recycling and composting system to reduce waste generation. Therefore, there will be no impact to the environment. Keywords : Garbage, Hotel, Makassar, the operational technique,prospect development.