HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RSUD KOTA MAKASSAR

Main Authors: Dewi Wijayanti, Shinta, Yusran Amir, Muhammad, Indar
Format: Article
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/10414
Daftar Isi:
  • Bauran pemasaran merupakan kegiatan inti dari sistem pemasaran, variabel yang dapat dikendalikan oleh rumah sakit untuk mempengaruhi reaksi para pasien, atau merupakan strategi yang dijalankan rumah sakit. Bauran pemasaran ini terdiri dari 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (marketing mix) dengan loyalitas pasien di unit rawat jalan RSUD Kota Makassar. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang yang berkunjung ke RSUD Kota Makassar tahun 2013 yang berjumlah 15.000 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling data di peroleh di lapangan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 99 responden yang sedang memanfaatkan pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di unit rawat jalan RSUD Kota Makassar dengan product (P= 0,000), price (p=0,000), place (p=0,002), promotion (p=0,004), people (p=0,005) process (p=0,001), physical evidence (p=0,001) loyalitas pasien di unit rawat jalan RSUD Kota Makassar.