STUDI SOSIO-YURIDIS TENTANG PELANGGARAN KEWAJIBAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR MENYALAKAN LAMPU UTAMA PADA SIANG HARI DI KOTA MAKASSAR
Main Author: | AQSAR, MUH. DANIAL |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/10324 |
Daftar Isi:
- 2014
- Muh Danial Aqsar (B111 09 274) Dengan judul skripsi Studi sosio-yuridis Tentang Pelanggaran Kewajiban Pengendara Sepeda Motor Menyalakan Lampu Utama Pada Siang Hari Di Kota Makassar dibimbing oleh Andi Sofyan dan Haeranah Tujuan dari panelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi Pasal 293 ayat (2) UU No. 22 tahun 2009 oleh penegak hukum bagi pengendara sepada motor yang melanggar kewajiban menyalakan lampu utama pada siang hari di Kota Makassar dan Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi oleh aparat penegak hukum dalam mengimplementasikan Pasal 293 ayat (2) UU NO. 22 tahun 2009 terhadap pelanggaran kewajiban pengendara sepeda motor menyalakan lampu utama pada siang hari di kota Makassar Penelitian ini bersifat penelitian lapangan dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terhadap beberapa pihak yang terkait dengan topik penelitian. Selain itu, penulis juga melakukan penelitian kepustkaan melalui data-data yang berkaitan dan buku-buku yang berkaitan dengan topic penelitian. Selanjutya, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan analisis , penulis menimpulkan beberapa hal antara lain:1) Implementasi Pasal 293 ayat (2) UU LLAJ tentang kewajiban pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu di siang hari belum berlaku efektif karena masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu saat berkendara di siang hari. Dalam menghadapi ketidaktaatan pengendara tersebut, pihak Sat Lantas Polrestabes Makassar belum menempuh tindakan represif seperti memberikan surat TILANG tetapi tindakan yang dilakukan masih tindakan preventif. Adapun tindakan preventif tersebut adalah melakukan sosialisasi tentang kewajiban menyalakan lampu di siang hari oleh pengendara sepeda motor;2) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh aparat penegak hukum dalam menegakkan kewajiban bagi pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu di siang hari. Adapun kendala-kendala tersebut adalah pertama, kendala masyarakat yang terdiri dari ketidaktahuan/ ketidakpahaman masyarakat dan ketidakdisiplinan masyarakat. Kedua, kendala lemahnya penjatuhan sanksi oleh penegak hukum dan ketiga, kendala ekonomi karena pelaksanaan peraturan ini akan menyebabkan pengendara menghabiskan dana lebih. vi ABSTRACT Danial muh Aqsar ( B111 09 274 ) with the title of the thesis studies the socio - juridical About Abuse Liability Riders Motorcycle Turning Lights At Home Day In Makassar guided by Andi Sofyan and Haeranah The purpose of this is to know panelitian implementation of Article 293 paragraph ( 2 ) of Law no. 22 in 2009 by law enforcement for motorbike riders who violate obligations headlights turned on during the day in the city of Makassar and to know Constraints faced by law enforcement agencies in implementing Article 293 paragraph ( 2 ) of the Act NO . 22 of 2009 on violations of the obligations of motorcyclists turn on headlights during the day in the city of Makassar This research is a field of research where data collection was conducted using interviews with several parties related to the research topic . In addition , the authors also conducted research through data kepustkaan related and books related to the topic of research . We do now , the data were analyzed qualitatively and presented descriptively. Based on the analysis , the authors menimpulkan several things , among others : 1 ) Implementation of Article 293 paragraph ( 2 ) of the Act concerning liability LLAJ motorcyclists to turn on the lights during the day is not effective because there are many bikers who do not turn the lights on when driving in daylight . Disobedience in the face of the rider , the Sun So Polrestabes Makassar not take repressive measures such as giving him a ticket but still the action taken preventive measures . The preventive measures are socialized liability turn on the lights during the day by motorcycle riders ; 2 ) There are several constraints faced by law enforcement officers in enforcing the obligation for motorcyclists to turn on the lights during the day . As these constraints are first , the constraints society of ignorance / misunderstanding of the community and society indiscipline . Second , the imposition of sanctions by the constraints of weak law enforcement and third , economic constraints due to the implementation of this rule will cause the rider to spend more money .