Mitos Perempuan Dalam Iklan TV WRP Diet To Go Versi Slim Style Melalui Analisis Semiotik Barthes Terhadap Perspektif Perempuan/Devi Ivon
Main Author: | Devi, Ivon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.untar.ac.id/5594/ |
Daftar Isi:
- Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, media ditempatkan sebagai salah satu faktor dengan pengaruh terbesar dalam pembentukan pencitraan di masyarakat. Satu bentuk media yang paling berpengaruh dalam hal pembentukan pencitraan dalam masyarakat adalah iklan. Salah satu yang paling gencar diusung oleh iklan-iklan media adalah mengenai gambaran keindahan dan gambaran kecantikan wanita. Televisi sebagai contohnya, telah mengidentifikasikan pencitraan wanita melalui iklan produk-produk kecantikan. Iklan-iklan tersebut selalu menampilkan wanita dalam bentuk yang disebut sebagai bentuk yang ideal. Tubuh-tubuh ideal biasanya ditampilkan dalam majalah, film, televisi, dan dunia periklanan yang menggambarkan atau menyajikan sosok perempuan ideal sebagai suatu figur perempuan langsing, berkaki indah, paha, pinggang, dan pinggul ramping, payudara cukup besar dan kulit putih mulus. Melalui penggambaran dalam media seperti itu, perempuan dinilai cantik apabila memiliki ciri-ciri tersebut dan perempuan diharuskan untuk tampil cantik dan memikat demi mendapatkan pengakuan dari lawan jenis.