Strategi Public Relations Dalam Komunikasi Pemasaran Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Media Vibiznews

Main Author: Benson, Hardyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.untar.ac.id/4209/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang strategi Public Relations bagian dari komunikasi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggan Vibiznews. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Vibiznews untuk mempertahankan kepuasan dan kesetiaan pelanggan. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasif dan wawancara mendalam (in-depth interview), serta melalui studi kepustakaan dan internet. Peneliti menggunakan beberapa teori untuk mendukung penelitian ini yaitu Public Relations, komunikasi pemasaran, new media, dan loyalitas pelanggan. Peneliti juga menggunakan analisis SOSTAC yaitu Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control untuk mensistematika pemikiran dan menganalisa hasil temuan yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Public Relations di media online Vibiznews ini dijalankan melalui berbagai kegiatan komunikasi pemasaran dan Customer Relationship Management demi mempertahankan kesetiaan dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi secara informatif dan persuasif, mengutamakan kualitas berita, memberikan promo, dan menyampaikan pelayanan dengan menyenangkan sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Kata kunci: Public Relations, Komunikasi Pemasaran, Loyalitas pelanggan