Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Tuna Rungu Dalam Proses Belajar Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb-B) Pangudi Luhur Jakarta
Main Author: | Wijaya, Selvi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.untar.ac.id/3648/ |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini membahas tentang komunikasi antara guru dengan siswa Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB-B) Pangudi Luhur. Teori yang digunakan terdiri dari komunikasi, fungsi komunikasi, komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan nonverbal, komunikasi pendidikan dan Public Relations. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi penulis dan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan key informan. Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku dan sumber lain. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, kajian pustaka dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi yang terjadi dari guru ke siswa tuna rungu di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB-B) Pangudi Luhur adalah guru menggunakan komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal untuk berinteraksi dengan siswa tuna rungu. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, komunikasi pendidikan, komunikasi verbal dan nonverbal, interaksionisme simbolik