Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kebijakan penanganan perilaku berisiko pengemudi sepeda motor Indonesia. Pada tahap awal dikembangkan alat ukur perilaku pengemudi sepeda motor Indonesia. Pada tahun ke dua dilaksanakan studi dampak penggunaan empat media kampanye keselamatan bersepeda motor yang berbeda terhadap perubahan sikap pengemudi. Empat media kampanye keselamatan yang digunakan dalam penelitian ini berwujud gambar, audio, video pendek dan video testimoni yang telah dikembangkan mitra penelitian ini yaitu Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan hingga tahun 2010. Temuan penelitian tahun ke dua bahwa media kampanye keselamatan bersepedamotor berupa video memiliki daya merubah sikap yang lebih baik karena kombinasi pesan secara visual dan audio (dialog, ilustrasi musik dan sound effect). Oleh sebab itu pada tahun ke tiga ini dilaksanakan observasi perubahan sikap akibat intervensi video live action (dipilih dari tiga video dengan berbagai variasi pesan keselamatan dari sembilan video yang digunakan di tahun ke dua) dan video animasi. Video animasi menggunakan adegan yang semirip mungkin dengan video live action serta menggunakan audio yang tepat sama dengan video live action.