Hubungan antara Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Kebahagiaan pada Remaja

Main Author: , Felicia Valada, Raharjo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.untar.ac.id/12619/1/xi1251.pdf
http://repository.untar.ac.id/12619/
Daftar Isi:
  • Kebahagiaan yang dirasakan oleh siswa merupakan faktor penting dalam kehidupan di sekolah, karena siswa akan mendapatkan support dari teman, guru serta lingkungan di sekolah. Penelitian ini betujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan kebahagiaan pada remaja dengan menggunakan teori kualitas kehidupan sekolah yang dikemukakan oleh Leonard (2008) serta teori kebahagiaan yang dikemukakan oleh Hills dan Argyle (2002). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-probability sampling dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMAN X Jakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan April 2019 dengan melibatkan 490 subyek berusia 15-18 tahun. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai r = 0,307 yang artinya terdapat hubungan positif antara kualitas kehidupan sekolah dengan kebahagiaan pada remaja. Hasil ini menunjukkan jika kualitas kehidupan sekolah tinggi, maka kebahagiaan siswa tinggi. Demikan sebaliknya, jika kualitas kehidupan sekolah rendah, maka kebahagiaan siswa rendah. Selain itu, gambaran data kualitas kehidupan sekolah di SMAN X menunjukkan tinggi dengan diperoleh nilai mean empirik sebesar 2.62. Kemudian untuk gambaran data kebahagiaan di SMAN X menunjukkan tinggi, diperoleh nilai mean empirik sebesar 4.03.