Hubungan Antara Kepribadian Big Five dengan Adiksi Internet pada Mahasiswa

Main Author: Sanjaya, Leonardo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.untar.ac.id/12602/1/ABSTRACT1237.pdf
http://repository.untar.ac.id/12602/
Daftar Isi:
  • Penggunaan Internet telah meningkat secara eksponensial dari tahun ke tahun. Mahasiswa menggunakan internet untuk tugas kuliah atau melarikan diri dari stres. Dalam hubungan ini, penggunaan internet yang berlebihan menyebabkan penggunaan internet yang tidak sehat disebut sebagai adiksi internet. Salah satu faktor yang berperan dalam perilaku adiksi internet adalah kepribadian. Tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepribadian Big Five (openness to new experiences, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan antara kepribadian Big Five dengan adiksi internet pada mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 305 peserta mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode statistik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS SEM) dalam membuktikan hubungan antar variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi openness to new experiences tidak ada hubungan dengan adiksi internet. Dimensi extraversion, conscientiousness, agreeableness memiliki hubungan negatif dengan adiksi internet. Dimensi neuroticism memiliki hubungan positif dengan adiksi internet.