Peran Self-Efficacy terhadap Orientasi Masa Depan pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah di Jakarta Barat
Main Author: | Athalia, Dhelfina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.untar.ac.id/12566/1/ABSTRACT1207.pdf http://repository.untar.ac.id/12566/ |
Daftar Isi:
- Pada masa remaja, individu mulai memberikan perhatian lebih terhadap berbagai lapangan kehidupan yang nantinya akan dijalani ketika dewasa, di antaranya pendidikan dan pekerjaan. Dalam merancang masa depan diperlukan adanya keyakinan dari dalam diri, atau yang disebut juga dengan self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar peran self-efficacy terhadap orientasi masa depan pada siswa kelas X sekolah menengah. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 459 siswa kelas X sekolah menengah di Jakarta Barat yang diambil dengan metode non-probability sampling, yaitu teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner self-efficacy milik Bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara (2015) dan alat ukur orientasi masa depan mengadaptasi dari Nasimah (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self- efficacy memiliki peran yang signifikan terhadap orientasi masa depan pada siswa kelas X sekolah menengah di Jakarta Barat sebesar 22.3%, sedangkan 77.7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.