Peran Stres Akademik terhadap Performa Akademik dengan Learned Resourcefulness sebagai Mediator pada Dewasa Awal

Main Author: Edward, Edward
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.untar.ac.id/12558/1/ABSTRACT632.pdf
http://repository.untar.ac.id/12558/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan stres akademik terhadap performa akademik dengan learned resourcefulness sebagai mediator pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan melibatkan 318 mahasiswa yang berada pada semester dua Fakultas Psikologi Universitas X. Terdapat tiga buah variabel pada kuesioner yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu variabel learned resourcefulness, stres akademik, dan performa akademik yang berupa IPK mahasiswa. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan program SPSS versi 23. Pengolahan data mencakup uji validitas, realibiltas, dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learned resourcefulness memiliki peran sebagai mediator pada hubungan antara stres akademik dan performa akademik.